Israel Kembali Hancurkan Rumah Warga Palestina di Tepi Barat


Penghancuran Rumah Warga Palestina di Tepi Barat. Foto : AFP/HAZEM BADER
Otoritas Israel menghancurkan sebuah rumah milik warga Palestina di lingkungan Issawiya Yerusalem (20/1/2015), menurut Sumber Lokal menyebutkan buldoser dari kota Yerusalem Barat tiba di Issawiya dan mulai menghancurkan rumah seluas 180 m2, yang dimiliki oleh penduduk lokal, dengan alasan bangunan tidak memiliki izin.
Pemilik rumah, Rebhi Dari, mengatakan bahwa dia membangun rumah ini tampa izin karena ingin melindungi keluarganya.
Israel hampir tidak pernah mengizinkan warga Palestina untuk membangun di Yarusalem Timur dan Area C di Tepi Barat, dibawah kontrol militer. Larangan ini memaksa warga Palestina untuk membuat bangunan tampa izin.

Sumber dari Komite Penghancuran Rumah Israel (ICAHD) penghancuran tersebut bertujuan untuk mengosongkan kota dan Tepi Barat dari masyarakat Palestina dan menggantinya dengan pemukim Israel.

Sumber ini menyebutkan bahwa penghancuran rumah dan pengambil alihan lahan warga Palestina baik secara paksa ataupun dengan ganti rugi didorong oleh konflik politik dan etnis.

“Tujuannya adalah untuk membatasi pembangunan dan pertambahan penduduk Palestina di Tepi Barat, Yarusalem Timur, dan Gaza yang saat ini mencapai 4 juta dan memindahkan mereka ke kelompok – kelompok kecil. Sehingga “yahudisasi” Tepi Barat dan Yarusalem timur dapat di kontrol oleh Israel secara efektif” Kata ICAHD

Sumber : WAFA.ps

0 comments