IBM Cetak Big Data Specialist


Keterampilan bidang TI apa yang akan banyak dibutuhkan dalam waktu dekat? Boleh jadi keterampilan yang berkaitan dengan Big Data, terutama bidang data analytic. Paling tidak hal itu terlihat dari apa yang dilakukan oleh IBM baru-baru ini,menarik bukan ?

IBM telah bersepakat bekerja sama dengan universitas-unversitas di seluruh dunia untuk menyelenggarakan pendidikan program studi Big Data. Di Amerika Serikat, IBM bermitra dengan Georgetown University, George Washington University, Rensselaer Polytechnic Institute, University of Missouri, dan Northwestern University. Selain itu IBM juga sedang memulai program Big Data di Dublin City University, Mother Teresa Women’s University di India, National University of Singapore, dan Philippines’ Commission of Higher Education.

Program studi beragam, mulai yang nongelar sampai yang bergelar. Contohnya, program bergelar Master of Science bidang business analytics dilaksanakan di George Washington University; dan program Big Data Analytics, nongelar, di University of Missouri.
Para siswa antara lain akan belajar mengenai solusi IBM Big Data termasuk akses ke analytics software-nya, melaksanakan proyek studi kasus, dan belajar dari dosen tamu IBM.

Kemitraan antara IBM dan institusi pendidikan itu tentu saja saling menguntungkan. Pihak institusi pendidikan akan mendapatkan akses teknologi dan sumberdaya Big Data. Sementara itu IBM akan mendapatkan nilai marketing, dimana lulusan program studi akan menjadi ahli bidang Big Data yang menggunakan teknologi IBM.

Big Data kelihatannya memang akan menyajikan peluang dan keuntungan bagi banyak pihak, baik bagi vendor, pengguna, maupun tenaga kerjanya. Pasarnya terus bertumbuh pesat. Menurut IDC pasar teknologi dan jasa Big Data terus tumbuh, dari $3,2 milyar pada tahun 2010 menjadi $16,9 milyar pada tahun 2015. Rata-rata ada pertumbuhan 39,4% per tahun.

Makin banyak organisasi yang menerapkan pendekatan dan teknologi Big Data untuk meningkatkan daya saing mereka. Melalui analisa data mereka akan mendapatkan informasi yang akurat, lengkap dan relevan, sebagai dasar untuk menetapkan strategi dan beraksi di pasar.

0 comments