Mempersiapkan Kematian Digital



Apa yang terjadi ketika anda meninggal dunia, sebab dijaman serba digital sekarang ini kita mempunyai dua kehidupan, kehidupan nyata dan kehidupan digital, masalahnya bukan pada kita, tetapi pada orang yang kita tinggalkan, dengan tingkat keamanan akun yang makin tinggi dan tingkat kerahasiaan pribadi yang makin tinggi pula, maka ketika kita meninggal dunia maka kita tetap hidup dalam dunia digital kita.

ini menjadi masalah bagi orang - orang terdekat, terkadang mereka ingin menyimpan segala kehidupan digital dalam kenangan pribadi, dan itu tak dapat dilakukan bila mereka tak bisa mengakses akun digital kita.

Google sebagai provider raksasa dalam dunia digital telah merilis sebuah layanan baru yang mereka sebut sebagai : "Inactive Account Manager", layanan ini akan membantu kita dalam merencanakan kehidupan digital apabila kita meninggal dunia, dengan layanan ini kita bisa membuat semacam surat wasiat yang dengan keadaan tertentu maka akan menjalankan sebuah perintah, menghapus akun atau mengirimkan data-data yang ada kepada ahliwaris yang telah kita tunjuk.

Apabila dalam rentang waktu tertentu akun kita tidak aktif ( 3, 6 atau 12 bulan) maka sistem akan mengirimkan sebuah notifikasi ke ponsel pengguna, bila ada respon maka sistem  "Inactive Account Manager" ini tidak akan dijalankan, tapi bila tidak ada respon maka sistem ini akan melanjutkan langkah selanjutnya yaitu menghapus akun atau mengirimkan data-data pribadi kepada ahliwaris.

Sistem Google ini hanya akan bekerja jika diatur oleh pengguna. Jika tidak, anggota keluarga yang ingin mendapatkan akses ke email, video atau lainnya account Google masih harus memberikan perintah pengadilan, karena undang-undang perlindungan data.

Di antara semua pilihan penawaran Google yang memiliki data Anda dihapus (setelah tiga, enam, sembilan atau 12 bulan tidak aktif) atau memiliki data dari berbagai layanan Google yang Anda gunakan dikirim ke "kontak dipercaya/ahliwaris". Di antara layanan korban dapat menerima semua halaman di mana Anda mengklik "+1" tombol, setiap blogposts dan komentar dari layanan Blogger, kontak Google Anda dan anggota Lingkaran Google+ Anda, file di Google Drive Anda, email Gmail Anda , Profil Google+, Picasa album foto, data telepon Google Voice dan melihat YouTube.

"Kami berharap bahwa fitur baru ini akan memungkinkan Anda untuk merencanakan akhirat digital Anda dengan cara yang melindungi privasi dan keamanan - dan membuat hidup lebih mudah bagi orang yang Anda cintai setelah Anda pergi," kata Tuerk (google).

0 comments