Beternak Kambing


Salah satu cita-cita saya dari dulu adalah beternak kambing kacang (kambing kampung), kenapa harus kambing, dan kenapa pula harus kambing kacang ? mari dengarkan cerita saya :D
  1. kambing kacang adalah kambing asli daerah kita (kayanya hehe), mereka tahan dan cocok untuk hidup di iklam dan cuaca seperti umumnya cuaca di Indonesia, jadi ga bakal ribetlah. (dibanding kambing etawa atau peranakannya)
  2. Kambing kacang harganya relatif terjangkau, dan menjadi primadona untuk dipotong terutama didaerah2.
  3. perkembangannya cepat (dapat beranak 3 kali dalam dua tahun, dan sekali beranak bisa 2 ekor)
sekarang analisa bisnis sederhananya :

jika saya punya kambing 11 ekor ( 10 betina dan 1 jantan, ini sudah memadai ), maka :
6 bulan pertama akan lahir anak kambing 20 ekor (disamaratakan),  pada 8 bulan berikutnya (istirahat 1 - 2 bulan ) akan lahir lagi 20 ekor. anak periode pertama sudah gadis (bila betina), anggaplah persentasenya 50 %, maka pada bulan ke -13 jumlah induk menjadi 20 ekor, jantan muda 10 ekor, anak 20 ekor. pada 8 bulan berikutnya akan lahir lagi 40 ekor anak dari 20 ekor induk, dan seterusnya dan seterusnya.

dalam bisnis plan yang pernah saya buat maka maksimal di bulan ke-24 kita sudah balik modal, dan selanjutnya tinggal jualin itu kambing ke pasar (angggaplah 1 ekor/hari, ini udah minimal banget deh) maka minimal pendapatan kita 750 ribu (jika harga kambing perekornya 750 ribu). 

itu hitungan dan gambaran sederhananya :D, pasar gimana ? coba liat sekeliling, berapa banyak sate kambing, gulai kambing, akekahan (kelahiran makin banyak loh hehe), rasanya menjual 1 ekor / hari ga sulit lah.... :D

modal berapa ? kalau induk itu 750 ribu x 10 = 7,5 juta + jantan (1 juta) berarti untuk ternak awalnya = 8,5 juta. kandang dan lahan ? ga perlu luas2 untuk jumlah kambing segitu. makanan ? kambing itu pemakan segala loh ya... kasi makan apa aja asal bukan racun dia akan sehat2 saja, rumput, daun2an sekitar kita, sayur2an dari pasar dain lainnya, akan lebih bagus makanan berkualitas, seperti daun2an hijau :D, ga terlalu mahal lah...

perkiraan saya disini (bangko) modal ga akan lebih dari 30 juta (dengan catatan lahan milik sendiri yah hehe ga beli dulu).

gimana tertarik ? mari kita coba sama - sama... :D


1 comments: